13 Jajanan Tidak Boleh Dimakan Secara Berlebihan

13 Makanan Tidak Boleh Dimakan Saat Diet

Jumpa bersama sehatkoe.com, Sebuah Blog pribadi yang membahas berbagai tips, cara, informasi seputar kesehatan terbaru dan terkini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Mendengar kata jajanan pikiran kita akan tertuju pada makanan. Siapa sih yang tidak suka makan, makanan pada dasarnya sebagai sumber energi untuk kita melakukan aktifitas, tapi ada juga yang menjadikan makanan suatu hobby yang disalurkan.

Kembali pada topik jajanan, beraneka macam jajanan dapat kita beli sesuai keinginan. Masih dalam batas wajar membeli sesuatu yang sudah menjadi keinginan namun hal yang perlu diingat adalah jangan berlebihan saat jajan kenapa? diambil dari sisi kesehatan, alasannya karena kita tidak tahu dari adonan apa jajanan tersebut dibuat, dan boleh jadi gula dan lemak yang terkandung sangat tinggi dan tidak baik bagi kesehatan diri kita khususnya bagi penderita yang rawan terkena penyakit.

Ada baiknya lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan cara bagaimana kita dapat mencegahnya? tentunya dengan banyak membaca dan cari tahu dari apa saja penyebab penyakit itu datang. Kemudian mencari tips pengobatan dan cara menyembuhkannya.

Hal diatas tentu menjadi panjang ceritanya jika mengabaikan nasehat diatas karena banyak waktu serta dana yang keluar untuk pengobatan dan biaya kerumah sakit. Pastinya kita semua tidak menginginkan hal itu bukan? Yuk bersama kita mewaspadai dari masalah yang terkecil sebelum masalah besar datang.

Semoga kita semua terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan dan berikut ini adalah 13 Jajanan yang tidak Boleh dimakan Secara Berlebihan sebagai referensi kesehatan kamu yang suka jajan dan tentunya hasil rangkuman dari berbagai macam sumber portal berita, ilmu kesehatan:

1. Donat
Bentuknya yang kecil imut, bulat dengan lubang ditengahnya masuk didaftar pertama? Pasti kamu bertanya kenapa Donat padahal lho makanan ini banyak disukai oleh semua usia. Proses pembuatan donat menggunakan minyak dan margarin menjadi sebab adanya kandungan lemak jahat pada kudapan ini. Tidak hanya itu saja topping/hiasan manisan mengandung banyak gula dan lemak sehingga meningkatkan kadar gula darah pada tubuh seseorang.

2. Es Krim
Hmmm, mendengar namanya saja sudah ngences ya... Makanan yang digemari khususnya anak kecil tapi jajanan ini masuk dalam daftar kedua.Seperti yang telah diketahui bahan pembuat dari es krim diantaranya susu dan gula. Dan kedua bahan ini masing-masing mengandung lemak tinggi dan kadar gula yang tidak baik untuk penderita jantung karena akan memicu tekanan darah pada jantung.

3. Permen Coklat
Coklat i love it, Jajanan yang banyak digemari ini pada dasarnya baik untuk tubuh karena antioksidannya, ngomong-ngomong apa itu antioksidan ya? dikutip dari wikipedia antioksidan adalah proses pencegahan dan perlambatan sebuah reaksi molekul kimia tubuh yang akan merusak sel. Alasan tidak baiknya ialah olahan seperti susu, gula dan tambahan lainnya bila terlalu banyak menjadi sumber lemak jenuh

4. Ayam Goreng Cepat Saji
Siapa sih yang tidak suka dengan makanan cepat saji. Selain enak dan hemat waktu dalam penyajian namun sayangnya makanan ini mengandung lemak jahat lho.. Alasannya karena kulit ayam dan bumbu yang dipakai serta minyak yang menjadi bahan dasar pembuatan saat menggoreng mengandung unsur lemak dan kolesterol tinggi sehingga makanan ini tidak baik dimakan jika terlalu banyak. Buat kamu yang suka menu ini untuk segera mengurangi porsinya, mungkin yang biasanya 2 porsi setelah baca artikel ini bisa dihilangkan sama sekali kebiasannya (hehehe)

5. Martabak Manis
Kudapan/cemilan yang banyak kita temui dipinggir jalan juga masuk dalam pembahasan kali ini. Mengapa? karena Margarin sebagai salah satu bahan pembuatan martabak manis bila dioleskan secara berlebih oleh penjual bisa berdampak buruk untuk kesehatan jantung. Untuk ini mungkin kamu bisa minta ke penjual untuk mengurangi olesan margarin ya guys.

6. Kerupuk dan Biskuit
Kerupuk dikenal sebagai makanan ringan yang gurih renyah siapa sangka memiliki kandungan garam dan beresiko pada tekanan darah tinggi. Sedangkan Biskuit bungkusan yang banyak dijual beberapa diantaranya mengandung kandungan gula berlebih.

7. Keju
Makanan yang bahan dasarnya adalah susu mengandung lemak tinggi juga tidak baik saat dikonsumsi berlebih. Saat dimakan tanpa dikontrol mengakibatkan lemak menjadi bertumpuk dalam tubuh dan tidak baik untuk kesehatan. Sesuatu yang bertumpuk jika dibiarkan akan meluap dan banjir sana sini.

8. Kentang Goreng
Kentang merupakan umbi-umbian yang harganya murah dan juga enak saat di goreng. Olahan dengan cara digoreng menggunakan minyak. Memakan gorengan apabila terlalu banyak dan sering tentu megundang lemak jahat akan mudah datang pada tubuh.

9. Gorengan
Makanan yang harganya dibanderol Rp.2000 untuk 3 gorengan (harga Batam guys) adalah jenis makanan yang banyak digemari karena enak dan murah. Sama hal nya dengan Kentang Goreng semua yang berbau gorengan tidak baik jika terlalu berlebih saat dimakan.

10. Mayones
Makanan pelengkap ini ternyata memiliki kandungan 24 gram minyak jenuh 160 gram lemak, lebih banyak 40% yang dibutuhkan tubuh manusia per harinya. Karena alasan ini menjadi faktor penyebab agar tidak banyak mengkonsumsi mayones ya..

11. Pizza
Pizza merupakan salah satu makanan khas eropa tepatnya dari negara Italia yang digemari masyarakat Indonesia juga masuk dalam daftar artikel ini ya guys.

Memangnya ada apa sih..Nah perlu diketahui topping seperti sosis, daging, pepperoni dan keju adalah makanan dengan unsur lemak tinggi telebih jika dimakan tidak baik buat kamu

12. Santan
Bahan makanan berbentuk cairan putih berasal dari kelapa ini ternyata mengandung lemak jenuh dan tidak baik dikonsumsi oleh penderita jantung koroner.

13. Daging Olahan (Sosis, Bakso)
Nah buat kamu yang suka dengan sosis dan bakso setelah membaca artikel ini sebisa mungkin kurangi makanan ini secara berlebihan. Daging olahan biasanya dibuat dengan mencampurkan daging dan lemak, dan lemak yang tinggi tentu tidak baik bukan...

Ternyata ngeri-ngeri sedap juga ya guys jajanan yang kita beli karena semua unsur kandungan dalam bahan makanan berbahaya jika dimakan berlebihan.

KESIMPULAN
Setelah membaca dari penjelasan diatas mungkin dari beberapa kita akan menyanggahnya karena belum merasakan dampaknya. Namun dapat disimpulkan ada 2 dampak langsung yang didapat (jangka pendek dan jangka panjang):
1. Jangka pendek tentunya berat badan yang naik dan sulit menurunkannya (Apalagi yang sedang melakukan Program Diet Turunkan Badan pasti tid yang berlobang, susah tidur, nyeri sendi
2. Jangka panjang, berbagai macam penyakit akan mudah menyerang seperti diabetes, jantung, stroke, obesitas dan lainnya

Nah bagaimana dengan artikel ini, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan tentang bagaimana menjaga kesehatan tubuh untuk tidak selalu mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan gula yang banyak dan merubah gaya hidup.