3 Jenis Sakit Kepala, Penyebab, Cara Menghilangkan Rasa Sakit Cepat Tanpa Obat

3 Jenis Sakit Kepala Umum Terjadi Sembuh Alami Tanpa Obat

Sakit kepala atau dalam bahasa medisnya cephalalgia adalah rasa nyeri dikepala. Penyakit ini bisa datang dengan tiba-tiba tergantung pada kondisi fisik tubuh seseorang.

Rasa nyeri di kepala efek dari sakit kepala menyerang seseorang tidak mengenal umur dan jenis kelamin. Biasanya orang yang terkena sakit kepala akan mengalami berbagai rasa nyeri mulai dari ringan, sedang bahkan berat.

Tingkatan Rasa nyeri yang dialami dibedakan menurut jenisnya. Yuk kita lebih mengenal 3 Macam Sakit kepala yang sering terjadi:
1. Migrain
2. Sakit Kepala Cluster
3. Sakit Kepala Tegang

Mengenal Gejala Sakit Migrain, Sakit Kepala Cluster, Sakit Kepala Tegang:
1. Gejala Migrain ditandai dengan denyutan dikepala pada salah satu sisi kepala. Seseorang yang mengalami migrain akan mengalami mual dan muntah, dan biasanya sangat sensitif dengan suara bising. Rasa sakit migrain dapat berlangsung dalam hitungan jam bahkan sampai berhari-hari.
2. Gejala Sakit Kepala Cluster tandanya mirip dengan gejala migrain (sakit kepala pada satu sisi). Rasa sakit kepala cluster datang dengan tiba-tiba dan berlangsung selama 15 menit sampai 3 jam. Seseorang yang terserang Sakit kepala jenis cluster akan merasakan mual, muntah serta mata yang bengkak, merah dan berair.
3. Gejala Sakit Kepala tegang. Jenis Sakit kepala ini umumnya sering dialami oleh banyak orang. Tandanya yaitu rasa nyeri pada dua sisi kepala, bahkan bisa menjalar sampai dibelakang mata dan juga leher. Rasa nyeri pada jenis ini berlansung sekitar 30 menit dan boleh jadi sampai dalam hitungan hari.

Faktor Penyebab Sakit Migrain, Sakit Kepala Cluster, Sakit Kepala Tegang:
1. Pemicu resiko Sakit Migrain terjadi diantaranya karena kondisi fisik yang lelah, kurang tidur, stress, suka berlebihan dalam mengkonsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok
2. Pemicu resiko Sakit Kepala Cluster terjadi diantaranya karena suka berlebihan dalam mengkonsumsi minuman beralkohol, faktor usia, jenis kelamin (Pria akan sangat mudah terserang) dan kebiasaan merokok
3. Pemicu resiko Sakit Kepala Tegang terjadi diantaranya karena stress, kondisi fisik yang lelah, terlambat makan dan mata lelah.

Tips/Cara Menyembuhkan Sakit Migrain, Sakit Kepala Cluster, Sakit Kepala Tegang bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti meminum Obat dan juga bisa dilakukan secara Alami.
1. Cara Mengatasi Sakit Kepala secara Alami
Untuk menyembuhkan sakit kepala tanpa obat, coba deh lakukan  hal - hal seperti dibawah yang diyakini dapat meringankan serta menyembuhkan rasa nyeri:
- Segera istirahat dan pilih tempat atau ruangan yang tenang, jauhi diri dari intensitas cahaya (seperti didepan layar komputer) yang akan menambah nyeri kepala
- Lakukan Pijatan ringan di Area Tertentu
Sempatkan waktu untuk melakukan pijatan ringan pada titik tertentu seperti pada wilayah leher, pelipis, bahu dan kepala. Lakukan dengan lembut selama beberapa menit.
- Kompres Kepala dengan Air Hangat atau Dingin
Rasa nyeri sakit kepala bisa dhilangkan dengan cara menggunakan air hangat/dingin dan letakkan pada bagian kepala yang sakit.

2. Cara Menyembuhkan Sakit Kepala dengan obat
Untuk meredakan rasa sakit di kepala hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli obat adalah harus tahu jenis sakit kepala yang diderita apakah tergolong dari sakit kepala migrain, Sakit Kepala Cluster, Sakit Kepala Tegang.

Dibawah ini beberapa jenis obat sakit kepala yang bisa dibeli sesuai jenis sakit kepala yang muncul:
1. Sakit Kepala Tegang dan Migrain pilihlah obat Ibuprofen merupakan jenis Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang dijual bebas tanpa resep Dokter. obat ini cocok digunakan untuk penderita sakit kepala tegang dan migrain. obat lainnya untuk Pereda Nyeri adalah Paracetamol, dan Aspirin

2. Sakit Kepala Cluster sebaiknya konsulatsikan dengan Dokter karena jenis ini tingkatannya lebih serius daripada migrain.

Beberapa Tips sebelum membeli obat sakit kepala
1. Usahakan Menggunakan obat berbahan yang aman untuk lambung
Seseorang yang menderita penyakit lambung tentu memiliki pantangan khususnya saat mengkonsumsi obat yang memiliki efek samping terhadap lambung. Maka hindari obat yang memiliki efek samping lambung

2. Berhati hati memilih obat sakit kepala untuk Ibu Hamil
Wanita yang sedang hamil tentu sangat sensitif terhadap obat. Pilihan obat yang ringan utuk dikonsumsi bisa memilih paracetamol untuk keluhan sakit kepala ringan.Namun pilihan ini bergantung pada masing-masing indvidu kondisi ibu hamil. untuk itu segera konsultasi ke Dokter untuk pengobatan sakit kepala yang efektif dan aman untuk ibu hamil.

KESIMPULAN
Sakit Kepala adalah penyakit yang mengganggu ketika beraktifitas oleh sebab rasa nyeri yang bukan kepalang rasanya. untuk mensyiasatinya bersegera istirahat atau menggunakan obat sakit kepala yang aman untuk dikonsumsi. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan dapat menjalankan aktifitas dengan aman dan lancar