Pengertian Anyang-anyangan, Gejala dan Pencegahannya

Kenapa Sering Pipis Sedikit Sedikit? Gejala Dan Cara Mengatasinya

Jumpa lagi di blog Kesehatan kita sehatkoe.com. Masih dalam seputar kesehatan, kali ini blog sehatkoe coba membahas topik yang sedang hangat-hangatnya dipencarian google. Yakni Apa itu Penyakit Anyang-anyangan, Cara Mengatasi dan Obat Anyang-anyangan.

Sebenarnya nama Anyang-anyangan adalah istilah dari Bahasa Jawa yang bila di artikan adalah merasakan buang air kecil namun sedikit air yang keluar tapi terasa seperti belum tuntas. Dengan kondisi seperti ini akan sangat mengganggu terlebih buat kita yang aktifitasnya diluar kantor, karena sedikit-sedikit harus mencari toilet.

Buat kamu yang saat ini merasakan seperti yang sudah dijelaskan diatas boleh jadi pertanda kamu mengidap Penyakit Anyang-anyangan. Ada baiknya segera mengecek ke Ruamh Sakit dan berkonsultasi dengan Dokter.

Mengenal Apa itu Anyang-anyangan
Anyang-anyangan dalam bahasa medis dinamakan Polakisuria. Adanya peradangan pada lapisan mukosa, mengakibatkan urin yang masuk tidak dapat ditampung oleh kandung kemih. Penderita Anyang-anyangan akan merasakan sakit setiap kali buang air kecil dan pula air yang keluar hanya sedikit saja.

Penyebab Anyang-anyangan
Salah satu faktor penyebab penyakit anyang-anyangan disebabkan adanya infeksi atau bakteri pada saluran kemih (dikenal dengan istilah ISK) atau ada faktor sebab lainnya adalah sebagai berikut:
1. Faktor Jenis Kelamin
Spesifikasi saluran kencing Pria dan Wanita memiliki perbedaan dimana pria lebih panjang dari wanita sehingga kemungkinan terkena infeksi akan lebih mudah pada wanita

2. Posisi Cebok yang Salah
Kebiasaan selesai BAB, orang akan memilih membersihkan anus dari belakang ke depan sehingga bakteri akan mudah masuk ke saluran kencing, akibatnya kandung kemih bisa terinfeksi

3. Menahan Kencing
Kebiasaan yang sering dilakukan orang adalah selalu menahan kencing, padahal kebiasaan ini akan beresiko lebih parah karena bakteri akan dua kali lipat bersarang dalam saluran kencing

Setiap penyakit pasti memiliki gejala atau tanda, tak terkecuali Anyang-anyangan. Berikut Gejala Peyakit Anyang-anyangan yang perlu kita ketahui bersama:
1. Selalu merasa ingin buang air kecil
2. Air seni yang panas
3. Bau menyengat saat keluar air kencing
4. Merasakan nyeri dibagian anus\
5. Warna air kencing yang keruh dan berdarah
6. Pangkal paha terasa kram

Peningkatan frekuensi saat buang air kecil terjadi sendiri biasanya disertai dengan demam, pinggang yang nyeri dan diikuti perasaan haus yang meningkat.

4 Cara Pencegahan Penyakit Anyang-anyangan
Sebenarnya untuk melakukan pencegahan, maka kita harus mengenal penyebabnya. Diatas sudah dijelaskan beberapa penyebab dan yuk kita simak Bagaimana cara melakukan pencegahan Anyang-anyangan:
1. Jangan menahan saat ingin buang air kecil
2. Selalu minum air putih
3. Kompres hangat pada area perut bagian bawah
Kamu bisa melakukan ini 3-4 kali sehari selama 15 menit sampai anyang-anyangan terasa membaik.
4. Hindari Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang mengandung kafein, pedas, pemanis buatan, beralkohol

Cara Meredakan Rasa Sakit Anyang-anyangan
Rasa nyeri dan sakit saat anyang-anyangan melanda membuat seseorang terganggu dalam beraktifitas. Untuk itu sehatkoe akan membagi beberapa minuman pereda nyeri anyang-anyangan (Rangkuman dari kumparan) yang bisa dicoba:
1. Jus cranberry
2. Jus Blueberry
3. Air rebusan parsley
4. Air rebusan bawang putih
5. Jus Timun
6. Larutan cuka apel
7. Teh jahe

KESIMPULAN
Anyang-anyangan adalah istilah dari Bahasa Jawa yang artinya kebelet pipis sedikit-sedikit atau bahasa medisnya Polakisuria. Faktor penyebab utamanya dari ISK (Infeksi Saluran Kemih) akibat dari cara atau kebiasaan yang salah. Jika mengalami tanda-tanda seperti yang sudah dijelaskan diatas segera ke Rumah Sakit dan konsultasi ke Dokter dan ceritakan gejala beserta frekuensi buang air. Dengan menjelaskan secara lengkap maka Dokter akan tahu cara penangan yang baik untuk pengobatan selanjutnya.

Semoga kita semua sehat dan senantiasa dilindungi Oleh ALLOH.