Anosmia: Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Anosmia: Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya
Salah satu karunia terbesar yang dimiliki manusia adalah Hidung. Hidung sebagai indra penciuman memilki fungsi utama sebagai alat pernapasan bagi manusia disamping itu pula sebagai pendeteksi aroma/bau.

DEFINISI PENGERTIAN ANOSMIA
Bila hidung memiliki gangguan atau tersumbat tentu saja aktifitas menjadi terganggu. Seseorang yang mengalami gangguan karena hilangnya indra penciuman dalam dunia medis disebut Anosmia.

Penderita Anosmia tidak hanya terganggu dalam indra penciuman saja namun juga makanan dan minuman yang masuk kemulut akan sulit dirasa.

KENAPA HIDUNG TIDAK BISA MENCIUM BAU APAPUN
Penyebab Anosmia bisa disebabkan oleh berbagai macam keadaan. Secara garis besar ada 4 penyebab indra penciuman terganggu:
1. Faktor Lingkungan
Paling umum faktor lingkungan seperti kualitas udara yang tidak baik menjadi penyebab kepekaan penciuman menjadi terganggu. Menghirup udara yang tidak baik mengakibatkan alergi dan flu sehingga  hidung menjadi tersumbat. Biasanya ini sembuh dengan sendirinya bergantung pada kuliatas udara dimana kita bernafas

2. Faktor Medis
Penyakit seperti polip dapat juga mempengaruhi kualitas kepekaan penciuman karena udara yang masuk ke hidung terhalang oleh polip (jaringan yang tumbuh dalam saluran hidung) atau terdapat kelainan tulang di dalam hidung.

3. Ganguan Pada Otak atau Saraf 
Dalam Hidung terdapat reseptor yang bertugas mengirimkan informasi sinyal bau pada otak untuk mengidentifikasi bau, apabila ini tidak bekerja dengan baik maka kepekaan dalam mendeteksi bau dapat berkurang atau hilang sama sekali.

Berikut beberapa alasan penyebab kerusakan terjadi:
  • Faktor usia (diatas 60 tahun)
  • Efek samping dari penggunaan obat tertentu seperti antibiotik, antidepresan, obat jantung, dan lainnya
  • Efek samping dari konsumsi alkohol yang berlebih dan penyalahgunaan obat-obat terlarang
  • Paparan bahan kimia sehingga merusak saraf hidung 
  • Radioterapi untuk kanker pada kepala dan leher 
  • Kurang gizi dan vitamin

4. Faktor Genetika
Bawaan seseorang sejak lahir tanpa indra penciuman atau biasa disebut dengan anosmia bawaan.

BERAPA LAMA HIDUNG TIDAK BISA MENCIUM BAU
Untuk mengetahui berapa lama Anosmia sembuh maka harus diketahui faktor penyebab seperti yang telah dijelaskan diatas. Untuk kasus ringan seperti flu karena alergi maka anosmia dapat sembuh dengan sendirinya pada hitungan hari. Bila dikarenakan oleh Faktor Genetika maka sifatnya adalah permanen (tidak dapat mencium seumur hidup).
 
GEJALA HIDUNG TIDAK BISA MENCIUM BAU
Gejala Seseorang yang terkena anosmia pastinya tidak dapat mencium aroma dan kehilangan kepekaan rasa hal ini membuat seseorang akan berkurang nafsu makan. Dan parahnya lagi penderita anosmia akan mudah depresi apabila dibiarkan berlangsung lama

CARA MENGATASI HIDUNG YANG TIDAK BISA MENCIUM BAU
Setelah mengetahui penyebab dasar dari asmonia pada penjelasan diatas, maka biasanya Dokter akan memberikan solusi yang tepat tergantung penyebab dasarnya. Sebagai contoh jika disebabkan oleh polip maka perlu dilakukan pengangkatan polip sehingga penderita dapat kembali merasakan bau.

Contoh lain dengan melakukan pengobatan steroid untuk pembengkakan hidung dan sinus. Menghindari asap rokok yang bisa memicu alergi hidung.

Pada kasus penderita anosmia yang sampai kehilangan nafsu makan dan depresi, Kemungkinan besar dokter akan memberikan saran untuk psikoterapi atau konsultasi gizi.

CARA MENGOBATI DAN MENYEMBUKAN HIDUNG YANG TIDAK BISA MENCIUM BAU APAPUN
Berbagai macam cara pengobatan anosmia yang bisa dilakukan dengan menggunakan obat atau alami yang terangkum seperti berikut:
1. Anosmia Sembuh Menggunakan Obat
Untuk penyebab anosmia dikarenakan flu, pilek, hidung tersumbat biasanya Dokter akan memberikan obat dekongestan dan antihistamin.

2. Terapi Hidung Untuk Indra Cium
Cara menyembuhkan anosmia juga dapat dilakukan dengan secara terapi yakni dengan merangsang indra penciuman salah satunya menggunakan media yang aromanya tajam seperti jeruk, pisang, kayu manis hal ini dilakukan untuk meningkatkan respon kepekaan aroma dan rasa.

Cara terapi ini pun cukup unik yakni media tersebut ditempatkan dalam stoples lalu diberikan ke penderita selama 20 detik untuk mengingatkan kembali ingatannya pada masing-masing bau.
 
3. Melakukan Operasi
Operasi harus dilakukan pada penderita anosmia yang memiliki riwayat polip dengan tujuan untuk memberikan ruang udara yang cukup pada rongga hidung sehingga dapat mengembalikan daya mencium bau.

4. Berhenti Merokok
Rokok tidak hanya merusak jantung namun juga menganggu kepekaan indra khususnya penciuman. Asap rokok yang timbul dan terhirup dapat memberikan alergi pada hidung

KESIMPULAN
Anosmia adalah penyakit akibat gangguan indra penciuman dan rasa. Seseorang yang terkena anosmia akan mengalami gangguan dalam mencium aroma dan mencicipi rasa makanan sehingga hilang nafsu makan. Akibatnya penderita akan mengalami penurunan berat badan karena kekurangan gizi.

Kehilangan nikmat indra ini memunculkan sikap depresi karena tidak dapat lagi kenikmatakan rasa pada makanan seperti yang orang lain rasakan